PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS TEKNOLOGI DALAM UPAYA PENGEMBANGAN UMKM DESA JOMIN BARAT

  • Pupu Novit Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Anggi Giri Prawiyogi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Salah satu Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Desa Jomin Barat adalah masalah pemasaran dan keterampilan menggunakan teknologi. UMKM di Desa Jomin Barat memerlukan pengembangan usaha berbasis teknologi sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha baru yang bersifat online. Oleh karena itu perlu adanya pelatihan mengenai digitalisasi marketing. Metode yang digunakan dalam penulisan ini yaitu menggunakan metode observasi dan wawancara. Subjek pada penelitian ini memfokuskan pada Adar Snack yang bergerak dibidang makanan tradisional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan kegiatan sosialisasi dan pelatihan digital marketing ini membuat masyarakat menjadi lebih kreatif dan memiliki gagasan baru mengenai pemasaran yang akan dilakukannya, pelatihan pada kegiatan ini mencakup bagaimana kegiatan proses penjualan di Shopee. Kegiatan digitalisasi marketing ini diharapkan berkelanjutan dan pemerintah setempat dapat memberikan ruang serta fasilitas yang baik guna mengembangkan UMKM Adar Snack.

Published
2023-02-21