PENGARUH PSYCHOLOGICAL CAPITAL TERHADAP KEPUASAN BERWIRAUSAHA PADA PELAKU UMKM JALITRI DI DESA JOMIN BARAT
Abstract
Tingginya angka pengangguran di Indonesia masih menjadi salah satu permasalahan yang krusial, sehingga perlu dilakukan beberapa usaha untuk menanggulangi permasalahan tersebut serta memajukan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan berwirausaha, seperti melakukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dalam menentukan keberhasilan suatu wirausaha, kepuasan pelaku UMKM menjadi salah satu tolak ukur yang penting, karena merupakan kesenjangan positif antara harapan pelaku UMKM dengan kondisi saat ini yang berkaitan dengan keputusan untuk melanjutkan wirausaha tersebut atau tidak. Dalam proses mendapatkan kepuasan berwirausaha ini pula terdapat psychological capital yang terdiri dari beberapa aspek, seperti self-efficacy, hope, resilience, serta optimism yang menjadi salah satu modal untuk bertahan dalam mencapai tujuan individu untuk mengembangkan wirausaha.