PENGEMBANGAN KEMASAN PRODUK OPAK ACI EMAK ENAB DALAM UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING DAN NILAI JUAL

  • Fabian Chaerul Fatah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan industri di Indonesia memberikan perubahan bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk bersaing memenuhi kebutuhan konsumen. Obyek penelitian ini pada UMKM Opak Aci Emak Enab di Desa Wancimekar Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang dengan berbahan dasar tepung tapioka yang diolah menjadi makanan ringan yaitu Opak. UMKM Opak Aci Emak Enab memiliki peluang masuk di pasar swalayan. Namun identitas UMKM Opak Aci Emak Enab masih belum jelas dalam penerapan visualnya. Sehingga perlu mengembangkan desain pengemasan yang memiliki kekuatan identitas citra produk Opak. Upaya pengembangan produk terutama pada desain kemasan dan media promosi dalam meningkatkan daya beli masyarakat adalah bagian dari proses mengungkap problematika yang dihadapi oleh UMKM Opak Aci Emak Enab, terutama bertujuan peningkatan citra produk makanan ringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil lapangan digunakan untuk analisis SWOT. Hasil yang di dapat dari strategi pengembangan yaitu melakukan pelatihan dan pengembangan untuk meningkatkan skill dan keilmuan UMKM, mengembangkan promosi untuk mengenalkan sebuah produk dan perlunya lembaga khusus UMKM di Desa Wancimekar untuk membantu sarana, prasarana dan jaringan usaha.

Published
2023-02-20