PENERAPAN E-COMMERCE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM OPAK ACI DI DESA WANCIMEKAR

  • Yudha Ransa Gilang Ardhany Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dampak pandemi covid ini tidak hanya berdampak pada manufaktur saja tetapi juga berdampak pada UMKM sejak April 2020. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah di masa pandemi covid ini adalah dengan cara mendorong UMKM, untuk membantu UMKM agar tetap berjalan adalah dengan cara meningkatkan penjualan produk melalui E-Commerce. Beberapa faktor yang membuat pemilik UMKM kesulitan memasarkan produknya adalah pelanggan yang berkurang. E-Commerce diartikan sebagai transaksi jual-beli secara elektronik menggunakan media internet, ini pun menjadi jawaban dalam pemasaran dan memberikan solusi bagi pemilik UMKM untuk meningkatkan penjualan produknya dengan cara menggunakan E-Commerce sebagai media pembantu mendapatkan konsumen secara luas. Hasil interview menunjukkan bahwa pemilik UMKM menganggap E-Commerce sangatlah tepat untuk digunakan di masa covid saat ini dan juga efektif untuk beraktivitas diluar ruangan Dengan adanya E-Commerce pemasaran seperti melalui Shopee, Tokopedia, dsb informasi akan lebih cepat sampai kepada pelanggan. Metode yang digunakan adalah observasi dan interview. Metode yang dipakai juga bertujuan untuk mengumpulkan data dari UMKM tersebut. Selain itu UMKM. Rekomendasi yang diberikan adalah pelaku UMKM bisa juga memanfaatkan sosial media misalnya seperti Facebook, Instagram, Tiktok, dsb, dengan cara ini pemilik UMKM bisa meningkatkan daya jual beli produknya tidak hanya secara tatap langsung tetapi juga menggunakan media secara online, dengan cara ini pun bisa menarik konsumen secara luas dan jauh. Penggunaan aktivitas digital ini tentunya sangatlah efektif untuk mengembangkan potensi UMKM di era digitalisasi.

Published
2023-02-20