MOTIVASI DAN PERSEPSI KONSUMEN (CONSUMER MOTIVATION & PERCEPTION)
Abstract
Tingginya angka kebutuhan para konsumen membuat para pelaku usaha harus menciptakan
produk yang mempunyai kualitas yang baik sehingga mampu mengundang konsumen untuk
membeli produk tersebut. Motivasi dan persepsi konsumen merupakan hal yang penting dalam
suatu usaha, terutama bagi sector Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Usaha Mikro
Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu istilah dalam bidang ekonomi (bisnis) yang
didirikan oleh perorangan yang sudah memenuhi standar kriteria yang telah ditetapkan oleh
Undang-undang No. 20 Tahun 2008. Para pelaku UMKM harus mampu mengenali motivasi
serta persepsi konsumen terhadap suatu produk. Khususnya di desa Wancimekar, rata-rata
masyarakat penduduk setempat menjadikan sector pertanian dan juga UMKM terutama dalam
bidang kovenksi menjadi sumber mata pencaharian utama mereka. Tujuannya ialah untuk
membantu konsumen memenuhi kebutuhan dengan kualitas produk yang baik. Menggunakan
metode sosialisasi secara langsung, lalu adanya praktik ataupun latihan secara langsung, dan juga
sesi tanya jawab agar para pelaku UMKM bisa langsung menangkap hasil dari sosialisasi ini.
Dimana hasil dari sosialisasi ini dapat disimpulkan bahwa para pelaku UMKM yang ada di desa
Wancimekar ini sudah memahami tentang motivasi dan persepsi konsumen terhadap suatu
produk, baik dari pemahaman dasar hingga penerapannya dan juga mengenali karakteristik yang
memengaruhi persepsi terhadap suatu produk.