PENERAPAN E-COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM KESET ANYAM DODO CRAFT DI DESA WANCIMEKAR

  • Hilman Hermawan Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dampak pandemi covid sejak April 2020 sangat berdampak tidak hanya pada manufaktur saja
namun juga berdampak pada UMKM. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam masa pandemi
ini adalah meningkatkan kinerja UMKM. Cara untuk meningkatkan kinerja penjualan produk
UMKM yaitu melalu E-Commerce. E-Commerce berfungsi sebagai wadah transaksi jual-beli
produk secara online melalu media internet. Metode yang digunakan yaitu melalui observasi
dan interview secara langsung dengan pelaku UMKM. E-Commerce merupakan solusi bagi
pelaku UMKM untuk meningkatkan penjualan produknya agar mendapatkan konsumen lebih
luas. Hasil interview menunjukkan bahwa E-Commerce sangat tepat dan efektif untuk
digunakan dalam masa pandemi saat ini. Faktor umum yang membuat pelaku UMKM kesulitan
dalam memasarkan produknya yaitu pelanggan yang berkurang di masa pandemi. Dengan
adanya E-Commerce pemasaran produk dapat dipasarkan melalui media jual beli online
maupun social media.

Published
2023-02-20