DIGITALISASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PADA UMKM KERUPUK DI DESA KUTAKARYA

  • Juniar Pratiwi Gultom Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena UMKM merupakan roda penggerak ekonomi sehingga harus mampu bertahan dan beradaptasi dengan kemajuan perkembangan teknologi. Sehingga pemerintah daerah menjalankan fungsi pembangunan dan pemberdayaan melalui upaya digitalisasi pemasaran UMKM yang dapat meningkatkan pendapatan UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana upaya digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM faktor pendukung dan penghambat serta langkah yang dilakukan untuk mengatasi hambatan terkait upaya digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisi terhadap digitalisasi menurut Teori Tranformasi Digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait penggunaan teknologi digital serta memberikan fasilitas berupa aplikasi sebagai media pemasaran online guna meningkatkan pendapatan UMKM.

Published
2023-02-20