PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM KERUPUK DI DESA KUTAKARYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Aneka Kerupuk Harum Fajar merupakan produksi rumahan milik salah satu warga Desa Kutakarya dan berdiri sejak tahun 2019 hingga sekarang. Usaha ini berfokus pada bidang pangan yang menyajikan berbagai macam aneka kerupuk diantaranya kerupuk doprokdok, kerupuk seblak, kerupuk bolong, dan kerupuk ikan, Akan tetapi dalam kegiatan pemasarannya masih menggunakan metode tradisional. Untuk itu UMKM ini perlu di kembangkan terutama pemanfaatan digital marketing agar sistem pemasarannya menjadi lebih baik sehingga dapat memperluas cakupan target usahanya serta dapat menunjang kegiatan penjualan yang lebih baik lagi. Selain itu, UMKM juga diberikan bantuan dalam membuat akun bisnis di media digital yaitu Instagram, beserta cara mengelola media digital tersebut secara optimal. Luaran yang dihasilkan dari pengabdian ini adalah akun Instagram, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisi terhadap digitalisasi menurut Teori Tranformasi Digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait penggunaan teknologi digital serta memberikan fasilitas berupa aplikasi sebagai media pemasaran online guna meningkatkan pendapatan UMKM. Kata kunci: digital marketing, UMKM, strategi pemasaran