KUALITAS PELAYANAN PADA UMKM KERUPUK PERI JAYA DESA KUTAKARYA

  • Deby Permadani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan KKN adalah memberikan pengalaman belajar yang berharga kepada mahasiswa melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat, Pelaksanaan KKN dilakukan di Desa Kutakarya yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang, jawa barat, Indonesia. Penelitian deskriptif merupakan suatu metode penelitian yang menggambarkan karakteristik populasi atau fenomena yang sedang diteliti. Sehingga metode ini fokus utamanya adalah menjelaskan objek penelitiannya. Sehingga menjawab apa peristiwa atau apa fenomena yang terjadi. Berdasarkan hasil observasi telah di temukan permasalahan pada UMKM kerupuk Peri Jaya Desa Kutarya yaitu: 1. Kemampuan untuk melakukan layanan yang dapat diandalkan. 2. Kesediaan untuk membantu pelanggan dan memberikan layanan yang cepat. 3. Pengetahuan dan kesopanan karyawan dan kemampuan mereka untuk menjamin mutu sehingga sales percaya dan yakin untuk menjual produk dari Peri Jaya tersebut ke warung-warung. 4. Perhatian individual terhadap pelanggan.

  1. Penampilan fasilitas fisik, peralatan, sarana dan prasarana. 1. Membuat bangunan pelayanan yang lebih maksimal bagi pelanggan yang berkunjung untuk membeli produk kerupuk.2. Memasang telepon untuk pelayanan yang lebih berkualitas agar hubungan antar karyawan dengan pelanggan lebih maksimal. 3. Membuatkan SOP untuk Karyawan yang di tugaskan di tempat pelayanan pada saat melayani pelanggan dalam menyampaikan prosedur penjualan agar lebih detail. karyawan yang tidak mematuhi SOP akan dikenakan denda. 4. Memberikan pengarahan dan edukasi kepada seluruh karyawan untuk meningkatkan rasa empatinya terhadap pelanggan. 5. Menambah alat transporasi untuk kepentinganUMKM dan memberikan bantalan duduk untuk ibu-ibu yang di tempatkan di bagian pengemasan.
Published
2023-02-17