PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM DI DESA SAMPALAN KECAMATAN KUTAWALUYA
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Salah satu gaya hidup baru muncul saat ini adalah belanja melalui social media. Pemanfaatan Social Media tidak hanya dilakukan oleh perusahaan besar, tetapi dilakukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Peneletian ini dilakukan untuk mengidentifikasikan pemanfaatan social media dalam meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sampalan, Kecamatan Kutawaluya , Kabupaten Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan social media akan dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam promosi dan meningkatkan kecepatan bertransaksi. Hal ini yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing UMKM di Desa Sampalan , Kecamatan Kutawaluya, Kabupaten Karawang.