PENERAPAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM SUSU KEDELAI DI DESA SAMPALAN

Authors

  • Opie Natia Nuraini Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Pemasaran melalui media sosial adalah sebuah proses pemasaran yang
dilakukan melalui pihak ketiga yaitu website berbasis media sosial. Saat ini sudah
banyak media sosial yang dapat digunakan untuk pemasaran atau promosi sebuah
produk atau jasa. Media sosial yang sering digunakan untuk pemasaran atau promosi
di antaranya Facebook, Instagram, dan Twitter. Melalui media ini perusahaan atau
brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran. Pemasaran dengan
media sosial tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung. Dalam
pemasaran ini, Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web,
gambar atau video. Konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan
dengan produk yang akan dijual. Selain memasarkan konten, teknik pemasaran
modern ini juga digunakan untuk memasarkan merek. Maksud memasarkan merek di
sini adalah mengenalkan merek secara umum ke masyarakat secara menyeluruh atau
yang sering disebut dengan brand awareness. Dengan mengenalkan merek dan
memberi impresi yang baik, maka rasa percaya masyarakat akan meningkat dan bisa
meningkatkan konversi promosi ke penjualan. Disamping itu media sosial juga
digunakan untuk upaya optimasi website bisnis yang di SEO kan. Alat pemasaran
yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan sales promotion.
Meskipun demikian, para pelaku usaha mengaku bahwa pesan promosi pemasaran
masih terdampak lebih besar jika dilakukan secara langsung.

Downloads

Published

2023-02-16