PEMANFAATAN PROMOSI ONLINE MENGGUNAKAN E- COMMERCE UNTUK UMKM DI DESA SINDANGMUKTI

  • Nopiti Yulistiani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini ditandai dengan munculnya internet. Dengan adanya perkembangan teknologi berupa internet ini dapat mengubah proses bisnis. Internet sangat berguna untuk proses menjual dan membeli secara online atau sering dikenal dengan E- commerce. Selain itu Pemberdayaan UMKM di tengah arus globalisasi dan tingginya persaingan membuat UMKM harus mampu menghadapi tantangan global, seperti meningkatkan inovasi produk, Untuk menumbuhkan minat konsumen mencoba dan membeli produk yang dijual UMKM, diperlukan upaya, berbagai strategi pemasaran yang efektif salah satunya dengan kegiatan promosi. UMKM dari desa sindangmukti adalah UMKM aneka keripik dan bibit kembang kol, kegiatan usaha ini dimiliki perorangan atas nama ibu tayem dan bapak kosim. Permasalahan yang didapatkan adalah pemahaman pelaku usaha belum memahami bagaimana memanfaatkan teknologi digital sebagai tempat memasarkan hasil produksi, Tujuan dari kajian ini adalah untuk membantu pelaku UMKM dalam meningkatkan usaha melalui media digital atau sering disebut E-commerce. Hasil dari kajian ini adalah memungkinkan distribusi produk lebih luas dan pelaku usaha memahami perkembangan digitalisai UMKM. Hal ini mengindikasikan bahwa promosi melalui E-Commerce bermanfaat untuk menarik minat konsumen membeli produk UMKM sektor makanan dan pertanian

Published
2023-02-16