INOVASI DAN PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK KEBERLANGSUNGAN UMKM DI DESA SINDANGMUKTI
Abstract
Pemanfaatan teknologi informasi sudah merambah ke bidang digital marketing bagi para pelaku usaha. Salah satu alat digital marketing adalah media sosial. Media sosial inilah yang dapat membantu bagi para pelaku usaha dalam melakukan promosi dan penjualan produk, salah satunya adalah pelaku UMKM. Desa sindangmukti merupkan salah satu desa yang berada pada wilayah Administratif Kecamatan Kutawaluya Kabupaten Karawang Jawa Barat. Desa Sindangmukti merupakan desa yang membutuhkan pengembangan baik segi pendidikan, teknologi, dan ekonomi, terutama di UMKM harus di kembangkan di desa tersebut di karena minimnya pengetahuan tentang UMKM dan cara pemasaran dengan cara konvensial dengan cara promosi dari mulut kemulut membuka lapak dan membuka bazar, oleh karena itu Strategi Pemasaran melalui media digital sekarang dapat meningkatkan UMKM dan menarik konsumen untuk melakukan pembelian. Maka harus menerapkan Strategi Pemasaran yang tepat dengan kondisi pasar yang di hadapin dan perlu adanya cara untuk memajukan penjualan melalui promosi media digital selain itu Umkm juga harus berinovasi lagi untuk menarik minat konsumen agar tidak ketinggalan zaman dan bisa bersaing di pasaran. Metode yang digunakan yaitu memperbaharui kemasan dengan mendesign logo dan stiker kemasan.