PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN UMKM DI DESA WALUYA PADA ERA DIGITAL

Authors

  • Mochamad Ramdan Firdaus Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Saat ini internet mudah diakses oleh siapapun. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan media sosial sebagai sarana jual beli produk masing- masing. Oleh karena itu UMKM perlu segera menyesuaikan cara jual beli nya melalui media social pada era digitalisasi. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membantu UMKM Desa Waluya menghadapi lesunya perekonomian dan diharapkan dapat menunjang manajemen pemasarannya di era digital guna meningkatkan penjualan.

 

Tahapan pendampingan dimulai dari pemberian materi tentang pemasaran di era digitalisasi meliputi: konsep kreatif dan inovasi pemasaran (pelabelan, pengemasan, buku kas penjualan); dan pengenalan beberapa aplikasi di media social meliputi Aplikasi WhatsApp; Aplikasi Facebook; Aplikasi Instagram. Tahapan berikutnya para UMKM tersebut didampingi untuk mengembangkan produk mereka dan dapat mengoperasikan aplikasi guna mendukung kegiatan usaha mereka

Downloads

Published

2023-02-15