UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN UMKM KUE KERING DENGAN PENDAMPINGAN INOVASI PRODUK DI DESA SINDANGSARI

  • Muhammad Ariansyah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Permasalahan yang dihadapi UMKM sebenarnya adalah rendahnya produktivitas pada penciptaan
produk baru akibat kurangnya daya kreativitas dan inovatif sehingga kinerja pemasaran tidak berjalan
dengan stabil, Desa Sindangsari adalah salah satu desa yang berada di wilayah Kecamatan
Kutawaluya, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Desa Sindangsari terbentuk pada tahun 1984
Masehi dan merupakan desa hasil pemekaran dari desa Sampalan. Secara geografis, desa Sindangsari
memiliki luas wilayah 470 Ha. 430 Ha lahan Pesawahan, 35,503 Ha lahan kering (pemukiman) dan
4,497 Ha lahan fasilitas umum (Tahun 2022), Banyak nya pelaku usaha pedagang keliling yang ada di
Desa Sindangsari, yang termasuk pelaku UMKM juga yang berjumlah 60 orang, Inovasi produk
merupakan upaya pembuatan produk baru yang dilakukan untuk memperbaiki, meningkatkan, dan
mengembangkan produk yang diproduksi selama ini. Logo setiap produk harus berbeda dengan
produk lainya walaupun produk tersebut sama. Teknik pengumpulan data yang di gunakan dalam
kajian ini adalah metode dengan pendekatan kualitatif, yaitu memperoleh informasi dengan cara
wawancara secara mendalam, observasi lapangan, dan studi dokumen terkait kajian, karna
permasalahan yang di alami adalah masalah kemasan dan logo, penulis bantu buatkan untuk kemasan
dan logonya.

Published
2023-02-15