SOSIALISASI PERANAN DIGITAL MARKETING BAGI UMKM DI DESA RANGDUMULYA KECAMATAN PEDES

  • VALERIA BEKU Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh Mahasiswa. KKN merupakan suatu bentuk pembelajaran lapangan yang dilakukan oleh Mahasiswa yang menjadi syarat untuk memenuhi tugas akhir Mahasiswa, KKN juga sebagai bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar pada Mahasiswa untuk dapat hidup ditengah-tengah masyarakat diluar kampus dan secara tidak langsung mengidentifikasi serta ikut mengalami masalah-masalah yang sedang dihadapi dalam kehidupan masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian Mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Universitas Buana Perjuangan Karawang adalah salah satu sekolah perguruan tinggi di daerah Karawang Jawa Barat yang mengadakan salah satu kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata). KKN adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma yang artinya Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan adanya KKN menjadikan mahasiswa yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, inovatif, agar dapat membangun bangsa diberbagai sektor sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. KKN dilaksanakan di desa Rangdumulya , kec.Pedes , Karawang, Jawa Barat. Desa Rangdumulya adalah dareah dataran rendah dan memiliki luas wilayah 350 ha. Potensi desa yang dimiliki adalah pertanian, namun sebagian kecil masyarakat yang membangun usaha kecil mikro (UMKM) seperti usaha Simping

Wasiat Tani Mukti.Adapun masalah yang dihadapi para pengusaha kecil yaitu dalam mempromosikan hasil usahanya seperti usaha Simping Wasiat Tani Mukti yang di miliki oleh bapak Mulyana di desa Rangdumulya. Didesa ini belum ada kemajuan untuk mempromosi barang dagangannya sehingga barang dagangannya tidak ada yang terjual banyak atau pun terkenal, maka dari itu mahasiswa mengadakan Sosialisasi Peranan Di Gital Marketing agar barang yang dihasilkan di Desa Rangdymulya ini bisa terjual dan bisa terkenal.

Published
2023-02-14