PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING UNTUK MEMASARKAN PRODUK UMKM KERIPIK PISANG JIDAN SNACK DI DESA JATIMULYA
Abstract
UMKM merupakan singkatan dari Usaha Mikro Kecil menengah. Keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM merupakan bagian dari kegiatan ekonomi masyarakat bangsa yang saat ini semakin dikembangkan. Hal ini dikarenakan keberadaan UMKM sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat. Selain itu, UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam skala yang besar sehingga menjadi salah satu solusi dalam mengurangi tingkat pengangguran. Permasalahan tersebut juga terjadi pada sebagian besar UMKM di wilayah Desa Jatimulya Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang. UMKM Keripik Pisang Jidan Snack salah satunya, dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi pelaku UMKM di tuntut agar bisa mengikuti perkembangan jaman dan teknologi diantaranya adalah perkembangan dalam melakukan strategi pemasaran, digital marketing yang dilakukan oleh Jidan Snack khususnya pada produk dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan dan pelayanan. Mengenai penerapan digital marketing yang dilakukan pada Jidan Snack dan pengaruhnya penerapan digital marketing terhadap kepuasan konsumen pada Jidan Snack. Permasalahan yang ada pada Jidan snack adalah kurangnya media promosi yang Jidan Snack berikan kepada customer dan tidak adanya akun media sosial Instagram yang fungsinya untuk membuat promosi dan menyebarkan beragam foto kripik pisang hasil Jidan snack. Dalam pelaksanaan pengembangan UMKM itu sendiri penulis menggunakan metode analisis SWOT dan kualitatif.