PERANCANGAN LABEL PADA KEMASAN KERIPIK PISANG BU IDA PADA UMKM DESA KERTARAHARJA

  • Muslikhudin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM merupakan salah satu pilar perekonomian rakyat di Indonesia yang telah terbukti tidak terpengaruh terhadap krisis moneter pada tahun 1998. Sehingga UMKM dinilai sebagai salah satu bentuk alternatif strategi peningkatan perekonomian di Indonesia yang harus dipertahankan dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk membuat Label pada kemasan keripik pisang BU IDA supaya meningkat daya beli dan menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk makanan ringan olahan. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan Metode Kansei Engineering untuk pembuatan Label pada kemasan keripik pisang. Metode Kansei Engineering biasanya digunakan untuk menejemahkan emosional konsumen terhadap suatu produk terutaman untuk suatu kemasan suatu produk supaya konsumen mempunya rasa tertarik terhadap suatu produk yang dilihat. Untuk hasil dari penelitian ini adalah pembuatan Label pada kemasan dan mampu meningkatkan penjualan setelah ada Label pada kemasan keripik pisang tersebut. Dalam pembahasan di penelitian ini adalah hasil berisi tentang pembahasan Label yang meliputi warna, Font penulisan desain, Bentuk Label desain. Dari penelitian perancangan Label pada kemasan keripik pisang BU IDA adalah untuk membantu meningkatkan daya beli masyarakat untuk membantu kemajuan UMKM khusunya di desa Kertaraharja, Karawang, Jawa Barat. Untuk kedepannya setelah perancangan desain Label pada keripik pisang peneliti berharap UMKM Keripik pisang BU IDA dapat berkembang supaya dapat memajukan perekonomian Desa Kertaraharja

Published
2023-02-13