UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN KERTARAHARJA 1 DENGAN METODE MAKE A MATCH

  • Fani Kurnia Apriani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Make-A Match dalam meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas IV SD. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui empat teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) tes, dan (4) analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran prinsip•prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran. Hal ini dibuktikan pada siklus I dan siklus II bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat. Rata•rata hasil belajar kognitif peserta didik pada pra•tindakan (73,19), siklus I (83,19) dan siklus II meningkat menjadi (86,39) yaitu 58,3% peningkatannya. Sedangkan rata•rata hasil belajar psikomorik peserta didik antar pra•tindakan (80,83), siklus I (80,33) dan siklus II meningkat menjadi 84,58 yaitu 8,34% peningkatannya. Ketuntasan hasil belajar kognitif dan psikomotorik peserta didik pada kriteria tuntas dengan nilai rata•rata (>75%). Dan hasil belajar afektif siklus I terjadi peningkatan rata•rata peserta didik terutama aspek kedisiplinan hingga pada siklus II terjadi peningkatan rata•rata sikap peserta didik dengan kriteria baik. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar peserta didik selalu meningkat dari pra•tindakan, siklus I dan siklus II dan telah mencapai target ketuntasan yang diharapkan.

Published
2023-02-10