TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN UMKM KERIPIK PISANG DI DESA KERTARAHARJA

  • Sri Hamidah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Santi Pertiwi Hari Sandi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi semakin canggih sehingga persaingan antara UMKM di Indonesia cukup ketat. Sehingga para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan teknologi dengan baik sebagai tempat berjualan untuk memperluas pemasaran baik di sosial media maupun di E- Commerce. Dalam persaingan tersebut para pelaku UMKM harus dapat mempertahankan konsumennya dengan cara membuat konsumen puas terhadap produk dan pelayanan yang diterimanya. Oleh karena itu, pelaku UMKM harus mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Menurut Fandy Tjiptono (dalam Sumartini & Tias, 2019) terdapat lima faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan seorang konsumen diantaranya yaitu : kualitas produk, harga, kualitas pelayanan, faktor emosional serta biaya dan kemudahan. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada UMKM keripik pisang di desa Kertaraharja. Penulis menggunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dengan menggunakan menggunakan teknik incidental sampling dan terdapat 5 responden. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner menggunakan goggle formulir. Kegiatan ini dilakukan selama 1 hari dimulai dari pukul 09.00-17.00 di desa Kertaraharja. Dari pengumpulan data tersebut di dapatkan hasil bahwa sebanyak 100% responden atau seluruh responden yang telah melakukan pembelian produk keripik pisang ibu Ida dan yang telah mengisi kuesioner pada tanggal 31 Juli memiliki tingkat kepuasan sangat tinggi terhadap faktor kualitas pelayanan yang ibu Ida berikan.

 

Published
2023-02-10