PENERAPAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM DI DESA MALANGSARI

  • Fahri Shafaringgi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Masa pandemi Covid menjadi masa yang sulit bagi beberapa aspek termasuk dunia pemasaran. Hal tersebut juga dirasakan oleh para pemilik UMKM. Melalui pendampingan bagi beberapa mitra maka penting untuk mencari tahu apakah penggunaan Media Sosial dapat membantu meningkatkan penjualan produk bagi pemilik UMKM. Tolak ukur yang digunakan untuk mencari tahu ketepatan penggunaan Sosial Media dapat dilihat dari segi mode transmisi, waktu, konteks, format dan reception. Responden yang menjadi mitra penelitian adalah para pemilik UMKM yang baru menjalankan usahanya dan belum memiliki cara untuk memasarkan produknya yang stabil. Selain itu, pemilihan responden juga dilihat dari merosotnya penjualan selama masa pandemi Covid ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Sosial memberikan pengaruh positif bagi pemilik UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memudahkan para pembeli untuk membeli produk pemilik UMKM tersebut. Kombinasi dari mode transmisi, waktu, konteks dan format yang tepat pada Media Sosial ini menghasilkan pengaruh positif pada timbal balik, baik dari segi proses komunikasi maupun dari peningkatan penjualan produk. Selain itu alat komunikasi pemasaran seperti periklanan, direct marketing, sales promotion, dan public relations dapat tetap diorganisir dengan menggunakan Media Sosial. Alat pemasaran yang paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan direct marketing dan sales promotion. Meskipun demikian, para pelaku usaha mengaku bahwa pesan promosi pemasaran masih terdampak lebih besar jika dilakukan secara langsung.

Published
2023-02-10