SOSIALISASI DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK UMKM

  • Anggi Octa Fadilah Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Media sosial menggambarkan sistem pemasaran dengan media elektronik. Facebook adalah media sosial yang banyak digunakan untuk berbagai informasi terutama untuk penjualan. Banyak UMKM yang ada di Desa Malangsari terutama penjualan Peyek teri dan kacang merupakan produk rumahan yang penjualannya masih dilakukan secara konvesional. Melakukan sosialisasi dengan menggunakan sosisal media Facebook diharapkan membantu meningkatkan penjualan produk bagi pemilik UMKM dengan tolak ukur yang digunakan agar jangkauan penjualan lebih luas dan diharapkan lebih stabil. Metode yang digunakan adalah sosialiasi kepada para pemilik UMKM Desa Malangsari. Hasil penelitian menunjukan bahwa sosial media Facebook memberikan pengaruh yang efektif untuk melakukan penjualan, karena Facebook sendiri lebih banyak digunakan oleh masyrakat untuk melakukan jual beli Online dan lebih banyak dimengerti penggunaan nya oleh masyarakat. Facebook sendiri juga sudah mulai berkembang dari segi pemasangan iklan jadi akan lebih mudah dalam memasarkan produk UMKM itu sendiri. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pemilik UMKM di Desa Malangsari ditemukan telah menggunakan Facebook untuk melakukan prnjualan UKM tersebut. Penggunan Facebook sendiri yang akan memberikan kemajuan dalam memasarkan produk yang dijual karena dapat menghalkan interaksi antar penjual dan pembeli, penyebaran yang tepat dan mudah diterima oleh konsumen.

Published
2023-02-10