PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT DI SEKOLAH
Abstract
Latar Belakang dan Tujuan: Kebiasaan siswa berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah sangat penting dilaksanakan. PHBS sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dilakukan siswa untuk terwujudnya sekolah sehat. Pengetahuan dan sikap merupakan hal yang sangat penting sebagai faktor predisposisi pelaksanaan PHBS, selain faktor penunjang dan pendukung yang sudah tersedia di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengetahuan, sikap dan perilaku PHBS pada siswa sekolah dasar.
Metode: Penelitian ini menggunakan penyuluhan gerakan PHBS di sekolah diharapkan dapat melaksanakan strategi yang bersifat paripurna (komprehensif), khususnya dalam menciptakan prilaku baru yaitu ber-PHBS di sekolah. Beberapa indikator yang dipakai sebagai ukuran untuk menilai PHBS di sekolah adalah Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun, mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah atau membawa makanan dari rumah, menggunakan toilet yang bersih, olahraga yang teratur dan terukur.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar siswa memiliki pengetahuan baik tentang PHBS, namun memiliki sikap negatif dan hampir seluruh siswa memiliki perilaku yang kurang baik dalam tindakan PHBS.
Simpulan dan Implikasi: Perlu peningkatan upaya PHBS pada siswa sekolah dasar khususnya dalam sikap dan perilaku PHBS. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan optimalisasi program usaha kesehatan sekolah (UKS) melalui penyuluhan, motivasi, dan pengawasan pelaksanaan PHBS di sekolah.