PENGENALAN DAN PEMANFAAĽAN WEBSIĽE E-COMMERCE KEPADA PELAKU UMKM UNĽUK MENINGKAĽKAN PEMASARAN PRODUK

  • Samsuíi Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Masa menjadi masa yang sulit bagi bebeíapa aspek teímasuk dunia pemasaían. Hal teísebut juga diíasakan oleh paía pemilik UMKM. Melalui pendampingan bagi bebeíapa mitía maka penting untuk mencaíi tahu apakah penggunaan E-Commeíce dapat membantu meningkatkan penjualan píoduk bagi pemilik UMKM. Ľolok ukuí yang digunakan untuk mencaíi  tahu  ketepatan  penggunaan  E-Commeíce  dapat  dilihat  daíi  segi  mode  tíansmisi, waktu, konteks, foímat dan íeception. Responden yang menjadi mitía penelitian adalah paía pemilik UMKM yang baíu menjalankan usahanya dan belum memiliki caía untuk memasaíkan píoduknya yang stabil. Selain itu, pemilihan íesponden juga dilihat daíi meíosotnya penjualan selama masa pandemi Covid ini muncul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-commeíce membeíikan pengaíuh positif  bagi pemilik  UMKM untuk meningkatkan penjualan dan memudahkan paía pembeli untuk membeli píoduk pemilik UMKM teísebut. Kombinasi daíi mode tíansmisi, waktu, konteks dan foímat yang tepat pada E-Commeíce  ini  menghasilkan  pengaíuh  positif  pada  timbal  balik,  baik  daíi  segi  píoses komunikasi maupun daíi peningkatan penjualan píoduk. Selain itu alat komunikasi pemasaían sepeíti peíiklanan, diíect maíketing, sales píomotion, dan public íelations dapat tetap   dioíganisií   dengan   menggunakan   E-Commeíce.   Alat   pemasaían   yang   paling menunjukkan hasil yang signifikan adalah penggunaan diíect maíketing dan sales píomotion. Meskipun demikian, paía pelaku usaha mengaku bahwa pesan píomosi pemasaían masih teídampak lebih besaí jika dilakukan secaía langsung.

Published
2023-02-09