PSIKOEDUKASI MENGENAI MOTIVASI PADA ANGGOTA PEMBERDAYAAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (PKK) DESA PAYUNGSARI KECAMATAN PEDES
Abstract
Kuliah kerja nyata merupakan salah satu kurikulum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa dan pada KKN kali ini universitas mengusung tema Inovasi dan Digitalisasi UMKM Menuju Masyarakat Mandiri. Desa Payungsari Kecamatan Pedes menjadi tempat dimana mahasiswa menjalankan program mengenai Psikoedukasi Motivasi pada Anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, diperlukannya sumber daya manusia yang memiliki integritas dalam menjalankan UMKM. Sehingga aspek psikologis menjadi salah satu elemen penting untuk mencapai keberhasilan terlebih mengenai motivasi yang menjadi pondasi dalam setiap individu karena motivasi adalah kekuatan yang menggerakkan seseorang untuk bertindak, berpikir, dan merasakan. Perilaku yang termotivasi lebih berenergi, lebih terarah, dan lebih berarti (King, 2017). Metode yang digunakan yaitu berbentuk poster dan pendekatan kualitatif berbasis deskriptif dan interpretif. Hasil yang didapatkan dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata diantaranya tiga UMKM yang menjadi fokus mahasiswa berawal dari keinginan untuk melanjutkan bisnis keluarga (turun temurun), dalam memberikan dukungan baik secara emosional, instrumental, dan jaringan sosial PKK memiliki peran aktif dalam pelaksanaanya, maka dapat disimpulkan bahwa para anggota PKK dapat menjadi wadah untuk masyarakat sekitar dalam berkeluh kesah dan berkembang dalam segi psikologis hal ini merupakan dampak positif dari kunjungan, dukungan, dan ilmu yang diberikan oleh anggota PKK. Dengan demikian sasaran pelaksanaan psikoedukasi yang ditujukan kepada anggota PKK dapat diaplikasikan dengan baik dan tepat.