INOVASI DESAIN KEMASAN PRODUK UMKM KERIPIK JENGKOL DI DESA PAYUNGSARI KECAMATAN PEDES

  • Aris Maulana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kemasan dimata konsumen yang akan meningkatkan atau menurunkan penjualan produk, Karena sesungguhnya tampilan kemasan yang menarik akan memberi kesan tersendiri bagi para konsumen dalam menentukan keputusannya untuk membeli atau tidak membeli suatu produk. Strategi Pemasaran untuk mendongkrak penjualan menjadi sebuah hal yang harus dilakukan oleh pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Apalagi ditengah kondisi pandemi seperti ini dimana semua sektor terpuruk termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Berbagai cara dilakukan salah satu nya dengan mengembangkan kemasan agar lebih menarik dan diminati konsumen. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat survey langsung pada kelompok-kelompok masyarakat tertentu, studi perpustakaan dan literatur. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa tampilan kemasan yang sangat menarik bagi konsumen akan meningkatkan penjualan produk. Dengan ide kreatif dalam menciptakan tampilan kemasan semenarik mungkin untuk membungkus produk yang dihasilkan dan siap ditawarkan kepasar, agar banyak konsumen yang berminat membeli semua produk yang ditawarkan oleh pemilik UMKM.

Published
2023-02-09