PENGEMBANGAN DAYA SAING UMKM DALAM PENJUALAN KERIPIK JENGKOL DI DESA PAYUNGSARI
Abstract
Daya saing yang tinggi juga sangat diperlukan dalam kondisi bersaing dengan pasar global seperti dengan adanya implementasi Masyarakat Ekonomi Asean. Kondisi ini akan memberikan tantangan namun juga dapat memperoleh peluang, sehingga UMKM dituntut untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini lebih mengutamakan penggunaan dengan metode yang telah disesuaikan dengan permasalahan dalam penelitian yang telah dilakukan, yang bertujuan untuk memperoleh data yang berkaitan untuk dijadikan objek penelitian lebih lanjut. adanya penelitian ini dimaksudkan untuk memperoleh gambaran serta informasi secara menyeluruh dan lengkap, guna melakukan pembinaan serta pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. UMKM sendiri memiliki peranan penting dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi negara. UMKM tidak bisa dipandang sebelah mata, walaupun tergolong usaha kecil, namun UMKM keberadaannya hampir di setiap pelosok daerah dan kota, UMKM telah terbukti mampu bertahan di saat krisis ekonomi menyerang Indonesia pada tahun 1997-1998. Dalam melakukan pemasaran kripik jengkol dan kripik kentang ini biasanya hanya menggunakan kemasan toples besar dan melalui dari mulut ke mulut. Sehingga pada pengembangan produk UMKM ini dengan memberikan label atau stiker dengan kemasan ziplock sehingga dapat menjaga kerenyahan produk. Terdapat beberapa strategi dan upaya yang dilakukan oleh pelaku UMKM untuk mempertahankan usahanya, diantaranya UMKM Kripik Jengkol dan Kripik Kentang melakukan promosi pemasarannya lewat sosial media seperti shopee, lazada, facebook, instagram, dan lain-lain. Agar mempermudah pembeli supaya lebih gampang dalam proses jual beli kripik jengkol tersebut.