SOSIALISASI MAINTENANCE SUMBER DAYA MANUSIA PADA PEMASARAN DIGITAL UMKM RIZSKY RIDHO DI DESA PASIRAWI

  • Dinda R Suhartina Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Neni Sumarni Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

UMKM mampu menjadi penopang perekonomian negara kita, karena pelaku usaha sebagian besar adalah UMKM dan mampu menyerap tenaga kerja. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Pasirawi terdapat salah satu UMKM Rizsky Ridho yang memproduksi olahan krupuk. UMKM tersebut sudah memiliki market digital seperti marketplace dan akun jualan di sosial media. Dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Pasirawi, program kerja individu yang penulis lakukan adalah kegiatan sosialisasi yang berjudul Sosialisasi Maintenance Sumber Daya Manusia pada Pemasaran Digital UMKM Desa Pasirawi. Tujuan utama pada kegiatan sosialisasi tersebut untuk memberi pengetahuan bagaimana cara pemeliharaan pada market digital dalam kegiatan pemasaran berbasis digital yang dilakukan oleh para pelaku UMKM terkhusus UMKM Rizsky Ridho yang sudah memiliki akun jualan pada market digital baik di marketplace maupun di sosial media. Walaupun demikian UMKM Rizsky Ridho masih perlu diberikan pengetahuan dalam proses pemeliharaan market digitalnya karena pelaku UMKM masih kurang dalam pengetahuan dan wawasan dunia digitalisasi. Oleh karena itu, penulis mengadakan kegiatan sosialisasi perihal pemeliharaan pemasaran digital pada UMKM di desa Pasirawi tersebut. Sosialisasi ini diikuti oleh pelaku UMKM dan Ibu PKK desa Pasirawi, kecamatan Rawamerta. Hasil yang dicapai para peserta sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi ini dan akhir dari kegiatan sosialisasi ini adalah selain menambah pengetahuan pelaku UMKM juga dapat meningkatkan motivasi berwirausaha baik bagi pelaku UMKM maupun warga desa Pasirawi. Terkhusus hasil yang dicapai pada UMKM Rizsky Ridho setelah kegiatan sosialisasi tersebut lebih termotivasi dan sadar akan pentingnya penggunaan market digital pada kegiatan berwirausahanya dan setelah memperhatikan pemeliharaan pemasaran digitalnya UMKM tersebut mendapatkan target konsumen dalam kegiatan pemasaran berbasis digital terkhusus melalui akun jualan di sosial media Facebook.

 

Published
2023-02-08