EDUKASI PELUANG USAHA DI ERA DIGITAL PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DESA PURWAMEKAR
Abstract
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan implementasi dari salah satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Lokasi kegiatan KKN berada di Desa Purwamekar, Kecamatan Rawamerta. Desa Purwamekar sudah menjadi desa digital, sehingga akan memudahkan para pelaku UMKM untuk memulai bisnisnya di pasar digital. Namun pelaku UMKM memiliki kendala pada kurangnya pengetahuan tentang pasar digital. Sehingga peran mahasiswa dalam kegiatan KKN bertujuan untuk memberikan informasi terkait pengertian dari pasar digital dan bagaimana menentukan peluang usaha di era digital, serta memotivasi pelaku UMKM untuk selalu berkembang mengikuti era digitalisasi dengan meningkatkan kualitas produk dan selalu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pengambilan data dilakukan pada UMKM Second Product sebagai perwakilan dari UMKM yang ada di Desa Purwamekar. Metode pengambilan data dilakukan dengan pengamatan langsung pada area produk dan melakukan wawancara. Hasil pengamatan langsung didapatkan beberapa area penyimpanan produk yang tidak sesuai dan tidak adanya identifikasi produk pada area produk yang akan berpengaruh pada kualitas produk, maka kualitas produk harus ditingkatkan. UMKM tersebut juga belum memulai usaha di pasar digital, sehingga hasil pengamatan tersebut diperoleh ide sosialisasi tentang keutamaan kualitas produk dan kepuasan pelanggan dalam memulai bisnis di pasar digital. Kegiatan sosialisasi ini berisi tentang prosedur meningkatan kualitas produk yang dapat dilakukan dengan memperbaiki sistem perawatan dan penyimpanan produk. Selain itu untuk membantu memberikan identifikasi pada produk, direkomendasikan dengan sistem Kanban. Kanban berfungsi sebagai penanda sehingga produk akan memiliki umur simpan lebih lama dan kualitas produk akan meningkat, serta tentu dapat memberikan kepuasan bagi pelanggan.