PENGENALAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SD KELAS 1-3 DUSUN KRAJAN DESA CIBADAK DENGAN METODE REWARD AND PUNISHMENT
Abstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak-anak SD kelas 1-3 di Dusun Krajan Desa Cibadak dengan menggunakan metode reward and punishment. Target sasaran dalam kegiatan ini ditargetkan pada anak-anak SD kelas 1 samapai kelas 3 dan belum menerima pelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh 24 anak-anak dari Dusun Krajan. Prosedur kajian dalam penulisan artikel ini berdasarkan data profil desa/kelurahan (Prodeskel) serta dari beberapa jurnal pendukung. Dalam teknik pengambilan sampel, peneliti menggunakan teknik pemberian reward and punishment dalam pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris. Reward merupakan bentuk reinforcement (penguatan) yang bersifat positif. Guru biasanya akan memberikan nilai tambahan bagi siswa yang mampu mengerjakan tugas sebagai reward (hadiah). Reward tidak selalu berbentuk sebagai barang atau materi, bahkan reward bisa juga berbentuk sebagai motivasi bagi siswa. Punishment atau hukuman juga bisa diartikan sebagai salah satu bentuk tindakan seseorang dalam memberikan atau mengadakan nestapa dan penderitaan dengan sengaja kepada anak yang menjadi asuhan kita, dengan harapan agar penderitaan tersebut betul- betul dapat dirasakan siswa menuju arah perbaikan. Hasil Penelitian ini menerangkan bahwa anak-anak di Dusun Krajan, Desa Cibadak memiliki antusias terhadap pengenalan Bahasa Inggris, metode reward and punishment efektif diterapkan pada anak untuk menstimulus daya ingat anak terhadap kosa kata Bahasa Inggris.