UPAYA PENINGKATAN DIGITALISASI UMKM TERHADAP RENGGINANG TEH ENTIN DI DESA CIBADAK

  • Shofi Noor Siyami Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu sektor yang terkena dampak adanya pandemi Covid-19. Dampak tersebut membuat daya beli masyarakat turun, dan banyak konsumen berganti melakukan pembelian secara online. Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk tetap bertahan dan meningkatkan pertumbungan UMKM adalah memanfaatkan perkembangan digitalisasi yang saat ini terus berkembang merambah kepada berbagai kalangan masyarakat. Sehingga diperlukan adanya peningkatan terhadap UMKM mengenai digital marketing melalui market place dan konten marketing, pentingnya legalitas dalam mudahnya pengembangan usaha, serta keterampilan bagi pebisnis UMKM untuk mengelola keuangan. Sasaran kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pemilik UMKM di Desa Cibadak Kecamatan Rawamerta, Kota Karawang. Metode pelaksanaan yang dimanfaatkan pada pengabdian untuk masyarakat ini yakni metode pelatihan serta pendampingan secara door to door kepada masing-masing pelaku UMKM. Evaluasi aktivitas yang dimanfaatkan pada pengabdian masyarakat ini merupakan unsur keterampilan serta pengetahuan. Pelatihan yang diberikan oleh kelompok KKN UBP Karawang “Veteran” Jawa Barat mengenai inovasi dan digitalisasi UMKM berhasil merubah UMKM yang awalnya masih konvensional menjadi digital. Tujuan kegiatan ini adalah pelaku usaha dapat memanfaatkan internet dan teknologi untuk menunjang pemasaran produk serta memperluas jangkauan target pasar melalui digital marketing.

 

Published
2023-02-06