STRATEGI PEMASARAN PADA UMKM KERIPIK PISANG BATIK DI DESA CIPURWASARI MENUJU DIGITALISASI

  • Maya Rezki Triahdi Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Namun, UMKM mengalami tantangan dalam menghadapi persaingan digitalisasi di bidang bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan. Maka dari itu, tujuan penelitian akan mengindentifikasi strategi pengembangan digitalisasi UMKM di Indonesia. Mempertahankan harga dan kualitas produk untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan untuk memperluas wilayah pemasaran, meningkatkan jumlah produksi dan menjaga kualitas produk, merubah desain kemasan supaya lebih menarik untuk para konsumen, memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sarana promosi, meningkatan modal usaha untuk memperluas wilayah pemasaran dan menambah jumlah produksi, melakukan perluasan wilayah pemasaran dan melakukan promosi untuk menarik konsumen. Berbagi pengalaman dari saya dan hasil diskusi dari para UMKM kepada saya, dan langsung memberitahu cara membuat akun media sosial (Shopee, Facebook dan Instagram) dan cara membuatnya menarik bagi pembeli (gambar, kata-kata, video, dll). Hasilnya menunjukkan bebarapa pelaku usaha secara aktif menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka

Published
2023-02-03