PENDAMPINGAN DAN PEMBUATAN DESAIN KEMASAN PRODUK PADA UMKM PISANG BATIK KELOMPOK WANITA TANI AYU MANDIRI DI DESA CIPURWASARI

Authors

  • Feri Ibrahim Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Fitria Nurapriani Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

UMKM memiliki fungsi strategis dalam perekonomian nasional. UMKM menjadi sistem ekonomi kerakyatan untuk mengurangi permasalahan kemiskinan dan pengembangannya mampu memperluas perekonomian daerah dan ketahanan nasional. Pada kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di desa Cipurwasari, terdapat UMKM yang cukup berpotensi untuk dikembangkan yaitu UMKM Pisang Batik Kelompok Wanita Tani Ayu Mandiri. Namun, setelah dilakukan pengamatan dilapangan terdapat beberapa permasalahan salah satunya adalah pelaku UMKM kurang memperhatikan akan pentingnya sebuah desain kemasan produk sebagai daya tarik konsumen. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan wawasan pelaku UMKM terhadap desain kemasan produk dan dunia digitalisasi. Melihat dari permasalahan tersebut penulis melakukan kegiatan pendampingan dan pembuatan desain kemasan produk pada UMKM Pisang Batik Kelompok Wanita Tani Ayu Mandiri di desa Cipurwasari. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menciptakan sebuah kemasan produk yang menarik dan menambah pengetahuan para pelaku UMKM akan pentingnya desain kemasan produk dalam kegiatan berwirausaha. Kegiatan tersebut menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengamatan, sosialisasi langsung pada UMKM, dan wawancara. Hasil akhir yang didapat pada kegiatan tersebut terciptanya sebuah kemasan produk yang menarik dan dapat bersaing dengan pesaing produk yang serupa.

Downloads

Published

2023-02-03