MENGEMBANGKAN INOVASI DIGITALISASI PADA PELAKU UMKM PISANG BATIK DI DESA CIPURWASARI
Abstrak
Usaha yang dilakukan KWT (Kelompk Wanita Tani) yang berada di kp. Cikawung rt.13 rw.04 desa Cipurwasari kec. Tegalwaru kab. Karawang Barat merupakan sebuah usaha yang luar biasa karena produksi berupa keripik pisang yang berasal dari buah pisang Nangka dibuat melalui proses pengelolahan yang sederhana yaitu masih menggunakan dengan alat yang seadanya. Kendala pada UMKM keripik pisang batik ini adalah belum maksimalnya pengetahuan mengenai digital marketing, yang mana pada digital marketing ini sangat penting bagi pelaku UMKM agar hasil produksinya bisa berkembang luas. Namun minimnya wawasan dan edukasi bagi para pengusaha UKM menyebabkan penggunaan internet yang kurang optimal dalam mendukung usahanya..Oleh karena itu, mahasiswa pemberi pelatihan dan pendidikan tentang pemanfaatan digital marketing dapat membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan kemampuan pengusaha UMKM dalam pemanfaatan digital marketing. Teknologi digital sudah sangat familiar di era ini bahkan untuk segala usia. Pemanfaatan teknologi digital yang tepat dapat memberikan dampak positif bagi penggunanya. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan pemasaran terhadap produk bisnis yang dimiliki oleh para pelaku UKM. Metode yang digunakan yaitu pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM.