PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU PADA UMKM NUGGET LELE GUNA PENINGKATAN DAYA SAING

  • Alfi Syahrin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Afif Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

 

Industri 4.0 merupakan istilah yang relatif baru dan mungkin masih belum banyak diketahui dan dipahami oleh khalayak di bidang industri. Industri 4.0 menjadikan proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama. Semua obyek dilengkapi perangkat teknologi yang dibantu sensor dan mampu berkomunikasi sendiri dengan sistem teknologi informasi. Dalam melakukan penjualan online akan membutuhkan kemasan, merek, dan label. Masalah yang ditemukan saat ini adalah pelaku usaha belum bisa memenuhi kebutuhan konsumen dalam berbagai aspek secara menyeluruh. Selain itu produsen juga belum bisa mengidentifikasikan atribut yang menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam membeli produk. Hal ini menyebabkan lemahnya daya saing yang disebabkan oleh desain kemasan produk yang kurang menarik. Kemasan merupakan hal yang penting karena menjadi identitas dari suatu produk, merek adalah nama, simbol atau lambang yang memberikan identitas produk. Labelling adalah bagian yang menginformasikan mengenai produk dan penjual. Label hendaknya memperjelas informasi kepada konsumen dan mempunyai efek promosi. Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini dilaksanakan pada tanggal 1-31 Juli yaitu berupa kegiatan Pendampingan Pengembangan Produk Baru Pada UMKM Nugget Lele Guna Peningkatan Daya Saing. Beberapa manfaat praktis yang diharapkan dari pelaksanaan KKN yaitu pelaku usaha memahami pentingnya kemasan yang menarik, merek, dan label untuk usahanya guna meningkatkan daya saing.

Published
2023-02-02