MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PENJUALAN UMKM DI DESA CIGUNUNGSARI KECAMATAN TEGALWARU

  • Dadang Somantri Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Marketplace Shopee merupakan salah satu marketplace yang sedang berkembang di Indonesia. Marketplace Shopee saat ini dimanfaatkan oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk promosi penjualan. Di desa Cigunungsari sendiri UMKM yang sudah memanfaatkan Shopee sebagai media promosi penjualan yaitu UMKM Sofabed Di Desa Cigunungsari. Metode ini menggunakan metode deskrptif kualitatif. Objek penelitian pada UMKM Sofabed yang ada di desa Cigunungsari, periode penelitian tanggal 1 Juli – 31 Juli 2022. Pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian yaitu dengan wawancara kepada pemilik UMKM Sofabed yang ada di Desa Cigunungsari. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk Meningkatkan keterampilan pelaku usaha dalam pengelolaan UMKM agar memperluas pemasaran melalui digital marketing. Penelitian yang dilakukan bahwa marketplace Shopee sebagai media promosi penjualan d UMKM Sofabed Desa Cigunungsari masih belum maksimal. Marketplace Shopee sebagai media penjualan di UMKM Sofabed Desa Cigunungsari harus lebih ditingkatkan lagi agar admin dapat melayani para konsumen dengan lebih maksimal agar daya beli konsumen meningkat.

Published
2023-02-02