MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA ANAK SEKOLAH DASAR MELALUI METODE LEARNING BY DOING

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

 

Sebagian besar proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah dasar, di satu sisi masih didominasi oleh peran guru, namun juga berdampak negatif yaitu kurangnya partisipasi aktif siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satunya adalah kurangnya keragaman dalam strategi dan metode yang digunakan guru dalam melaksanakan pembelajarannya. Proses pembelajaran di SD relatif pasif, guru menjelaskan materi, siswa duduk dan mendengarkan, melafalkan, dan mengaji, inilah yang disebut dengan teacher- centered, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Model pembelajaran Learning By Doing adalah konsep belajar sambil bekerja dan bekerja aktif. Pandangan pragmatis pendidikan terutama didasarkan pada dua alasan: satu adalah takdir, anak-anak adalah keberadaan yang aktif, dan yang lainnya adalah bahwa siswa perlu berpartisipasi secara impulsif dalam pembelajaran. proses melalui karya anak-anak.

 

Diterbitkan

2023-02-02