MENGEMBANGKAN STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING PADA PELAKU UMKM DI DESA DAYEUHLUHUR

  • Regi Maharani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Thomas Nadeak S.E., M.M Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Perkembangan di era globalisasi sangat bergantung pada sektor ekonomi sebagai ukuran keberhasilan yang dilakukan oleh pemerintah. Peran masyarakat dalam pembangunan nasional, khususnya dalam membangun ekonomi adalah Usaha Mikro. Kecil dan Menengah (UMKM)/ POSISI UMKM dalam perekonomian nasional memiliki peran penting dan strategis. Kondisi ini sangat dimungkinkan karena keberadaan UMKM cukup dominan dalam perekonomian Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah agar pelaku usaha dapat mengembangkan usahanya, metode penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi secara langsung, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil kegiatan dalam penelitian pada UMKM Oleh-oleh Ibu Evi yaitu telah dibuatnya berbagai macam pemasaran digital e-comerce dengan membuat platform online seperti Instagram dan Facebook. Diharapkan UMKM dapat mempergunakannya semaksimal mungkin sehingga dapat memperluas jangkauan penjualan, meningkatkan konsumen, adanyan kenaikan penjualan dan produknya dikenal oleh masyarakat luas dan membuat konten tentang penjualan produk UMKM Oleh-oleh Ibu Evi yang lebih kreatif di media sosial.

 

Published
2023-02-01