DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK UMKM MELALUI POSTER IKLAN MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA DI DESA LEMAHSUBUR
Abstract
UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menegah) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup mendominasi dijalankan oleh pelaku usaha. Dalam beberapa tahun terakhir pergerakan revolusi 5.0 yang menggema mengakibatkan adanya perubahan cara kerja di berbagai bidang terutama di bidang bisnis. Pergerakan dan perubahan cara berbisnis yang kian cepat ke arah digitalisasi ini memaksa pelaku bisnis untuk beradaptasi mengikuti perubahan tersebut. Desa Lemahsubur terletak di Kecamatan Tempuran, Kabupaten Karawang dengan luas wilayah Kecamatan 8.849 Ha. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti kepada para pelaku UMKM didapatkan masalah yang ada adalah masih kurang mampunya memanfaatkan teknologi digital yang ada. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana pemasaran produk UMKM bisa dilakukan secara digital. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan melakukan beberapa upaya dari sosialisasi, pelatihan hingga pembuatan media promosi guna memberikan wawasan baru juga beberapa ide kepada para pelaku UMKM dalam melakukan pemasaran digital. Hasilnya, peneliti melakukan pembuatan poster iklan, pelatihan pemasaran produk menggunakan sosial media instagram, juga melakukan sosialisasi tentang pengenalan digitlaisasi pemasaran produk UMKM. Masih banyak teknologi yang kurang dimanfaatkan dengan baik dalam melakukan pemasaran produk UMKM. Diharapkan kepada para pemangku kepentingan terkait agar dilakukan bimbingan, baik dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.