PENYULUHAN DIGITALISASI MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM DI DESA CIKUNTUL

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

Kemajuan teknologi tidak bisa di hindari dalam kehidupan saat ini, setiap inovasi terus menerus diciptakan untuk mempermudah dalam melakukan berbagai aktifitas di dalam kehidupan manusia. Masyarakat di Desa Cikuntul sudah menikmati banyak manfaat dari internet sangat terasa bagi para pengguna yang tidak terlepas dari penggunaan internet ini, namun adapun masyarakat khusunya pelaku UMKM di Desa Cikuntul ini belum bisa menerapkan manfaat dari kemajuan teknologi yang sudah ada, contohnya dalam sistem penjualan produk. Oleh karena itu kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan pelaku UMKM dan warga Desa Cikuntul dalam pemanfaatan Digitalisasi Marketing untuk meningkatkan penjualan. Dalam penulisan artikel ilmiah ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini informan yang memberikan data penelitian melalui metode observasi dan data yang dikumpulkan oleh penulis. Dapat dikatakan bahwa penerapan pemasaran digital memberikan dampak yang sangat besar terhadap pemasaran produk, karena dapat meningkatkan penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan UMKM.

Diterbitkan

2023-01-25