MENGEMBANGKAN POTENSI UMKM DESA SABAJAYA MELALUI MEDIA SOSIAL

  • Uswatun Hasanah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Arif Rahman Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Kebergantungan para UMKM di desa Sabajaya terhadap pengujnng dan wisatawan menyebabkan sulitnya usaha untuk mempertahankan dan mengembangkan bisnisnya. Jumlah pengunjung yang tidak menentu dan terkesan menurun menyebabkan banyak UMKM yang tidak lagi mampu untuk mempertahankan bisnisnya. Jumlah pengunjung yang tidak menentu dan menurun menyebabkan banyak UMKM yang tidak lagi mampu untuk mempertahankan bisnisnya. Absen nya usaha pemasaran atupun promosi menjadi salah satu penyebab mundurnya UMKM di desa Sabajaya. Jenis usaha UMKM seperti card holder, souvenir, dompet, binder, totabag yang terdapat di desa Sabajaya sangat bergatung pada pengunjung. Kegiatan pengabdian ini memberikan penyuluhan mengenai teknologi media informasi dan internet dalam rangka membuka wawasan para UMKM untuk memanfaatkan potensi pemasaran melalui media informasi dan internet. Hasil pengabdian menujukkan bahwa di era pandemic yang membatasi interaksi dan ruang gerak manusia, digital marketing dan media sosial dapat dimanfaatkan para pemilik usaha untuk memasarkan dan mengiklankan produk, mendapatkan informasi, juga berinteraksi dan berkomunikasi dengan pelanggan tanpa harus bertemu langsung. Implikasinya adalah kemajuan teknologi juga menjadi factor utama kehadiran aplikasi- aplikasi yang sangat membantu untuk digunakan sehari-hari termasuk aplikasi pembukuan atau pencatatan keuangan.

Published
2023-01-20