PELATIHAN PENGEMBANGAN PEMASARAN MELALUI MEDIA ONLINE PADA UMKM DI DESA SABAJAYA

  • Ilyas Rakhman Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Arif Rahman Hakim Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tentang pemasaran digital, terutama media sosial, bagi para pelaku bisnis Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan penjualan dan laba mereka. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah wawancara dengan kegiatan pelatihan untuk membantu proses implementasi pemasaran digital, metode ini merupakan kegiatan pengembangan kemampuan dengan menerapkan ilmu pengetahuan yang telah dimiliki, praktik langsung yang lakukan yaitu membuat akun media sosial berupa instagram. Hasil pelatihan yang dilakukan menunjukkan bahwa pelaku usaha UMKM secara keseluruhan aktif dalam menggunakan media sosial sebagai alat promosi mereka akan tetapi masih terlalu pasif dalam mengimplementasikan promosi digital karena kurangnya pemahaman tentang teknologi dan ketrampilan. Semua peserta menunjukkan minat besar untuk menggunakan pemasaran media sosial secara terus menerus untuk meningkatkan penjualanan mereka.

Published
2023-01-20