SOSIALISASI STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM DI DESA SABAJAYA

Penulis

  • Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstrak

UMKM di Indonesia telah menjadi bagian penting dari sistem perekonomian di Indonesia. Hal ini dikarenakan UMKM merupakan unit-unit usaha yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan usaha industri berskala besar dan memiliki keunggulan dalam menyerap tenaga kerja lebih banyak. Saat ini, di Indonesia perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat dan cepat. Dengan adanya teknologi itu sendiri dapat memudahkan manusia dalam menjalankan sesuatu hal. Teknologi informasi ini sudah banyak digunakan untuk memproses, mengolah data, menganalisis data untuk menghasilkan data atau informasi yang relevan, cepat, jelas, dan akurat. Dan perkembangan teknologi informasi ini pun telah membuka babak baru di lingkungan masyarakat, termasuk di dunia   bisnis, termasuk juga untuk UMKM. Adapun strategi pengembangan digitalisasi UMKM guna mendorong UMKM agar lebih memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang serta dapat memperluas akses pasar, dan juga untuk mengintervensi perbaikan proses bisnis seperti Teknik Pemasaran dan Literasi Keuangan. Metode yang digunakan adalah dengan mengadakan sosialisasi yang dihadiri oleh pelaku UMKM, masyarakat desa dan juga aparat desa. Adapun hasil dari diadakannya sosialisasi adalah masyarakat dan juga pelaku UMKM memahami pentingnya strategi pengembangan digitalisasi guna menghadapi kemajuan teknologi yang semakin canggih dan juga agar pelaku UMKM dapat mempertahankan bisnisnya.

 

Diterbitkan

2023-01-20