TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PERKEMBANGAN USAHA TELUR ASIN DI DESA KUTAAMPEL

  • Elfrida Magdalena Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Dalam perkembangan pelaku usaha pada sebuah industri seperti sekarang, konsumen cenderung memperhatikan nilai-nilai kepuasan yang dirasakan. Oleh sebab itu, pelaku usaha harus mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pada konsumen telur asin milik ibu Nasah yang nantinya dapat mempengaruhi perkembangan usaha konveksi di desa Kutaampel. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh Penulis adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penulis menggunakan 5 responden untuk mengisi kuesioner yang sudah disediakan agar menjadi data yang bisa diolah. Pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, kuesioner (angket) serta dokumentasi. Kegiatan ini dilakukan dimulai dari tanggal 01 Juli 2022 sampai dengan 31 Juli 2022 di desa Kutaampel. Dari pengumpulan data tersebut, responden sangat puas dengan pelayanan, kualitas produk dan harga yang terjangkau. Konsumen cenderung memperhatikan nilai-nilai kepuasan yang dirasakan. Usaha telur asin juga harus bisa mampertahankan kualitas dari produk serta pelayanannya. Hal tersebut bisa menjadi acuan untuk berkembangnya usaha- usaha UMKM di setiap desa.

Published
2023-01-18