EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA SISWA SDN KUTAAMPEL 1

Authors

  • Nur Imas Ismaya Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Aang Solahudin Anwar Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Temuan awal penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam membaca masih rendah. Masalah ini terjadi karena kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga kemampuan siswa masih kurang dalam pembelajaran membaca dan sebagian siswa terlihat malas mengikuti pembelajaran. Maka, untuk itu peneliti menawarkan salah satu bentuk media pembelajaran yaitu menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan media gambar dalam pembelajaran membaca siswa SDN Kutaampel 1, Kecamatan Batujaya, Kabupaten Karawang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tiga cara yaitu observasi yang tidak terstruktur, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar efektif dalam pembelajaran dan sangat membantu guru dalam pembelajaran di kelas, serta dapat mempermudah siswa dalam belajar. Hal ini membuktikan bahwa media gambar merupakan salah satu alat peraga yang sangat membantu guru dalam mengajar. Untuk mencapai hal tersebut guru mempersiapkan berbagai persiapan untuk membuat media yang sesuai dengan materinya, tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan keadaan siswa sehingga siswa dapat menerima materi dengan baik, yang membuat pembelajaran menjadi lebih kondusif dan efektif.

Downloads

Published

2023-01-18