Penerapan Algoritma Fuzzy Logic Pada Sistem Keamanan Pintu Berbais Internet Of Things

  • Vera Shelina
  • Tatang Rohana
  • Dwi Sulistya Kusumaningrum
Keywords: Arduino Mega, Blynkv, Logika Fuzzyv, Sistem Keamanan, Smartphone

Abstract

Penggunaan keamanan pintu pada sebuah rumah dapat meminimalisir pencurian. Setiap rumah umumnya hanya diberi kunci pintu biasa seperti kunci pintu manual dan gembok yang mudah menjadi sasaran perampokan dan disabotase. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini untuk membuat sistem keamanan yang dapat dipantau dari jarak jauh melalui smartphone, dengan menggunakan algoritma logika fuzzy untuk menentukan dekat, sedang dan jauh sebagai notifikasi pemberitahuan pada aplikasi blynk ketika ada objek yang mendekat dan selain itu pada sistem ini menggunakan sensor jarak untuk mendeteksi objek dan sensor rfid untuk pengganti kunci dengan menggunakan seperti kartu e-ktp atau tag rfid. Hasil dari penelitian ini untuk pembuatan sistem dapat mendeteksi objek sesuai dari algoritma logika fuzzy yang telah diuji 10 kali dengan jeda terlama 4 detik akses kecepatan 3 KB/s dan jeda tercepat 1 detik akses kecepatan 57 – 60 KB/s karena factor jaringan sangat berpengaruh, untuk scan ktp berhasil 1 cm sampai 2 cm, dan gagal jika melebihi 2cm. Dan untuk tag hanya dinyatakan berhasil dalam 1 cm saja, dan gagal jika melebihi 1cm.

References

[1] A.Farha Adella, Muh. Fardika Pratama Putra, dkk “Sistem Pintu Cerdas Menggunakan Sensor Ultrasonic Berbasis Internet Of Things” J. Media Elektrik, Vol. 17, No.3, 2020.
[2] Indra A Eko Prasetyo dan Rikie Kartadie, “Perancangan Keamanan Area Parkir STKIP PGRI Tulungagung Berbasis Radio Frequency Identification (RFID)” Perancangan Keamanan Area Parkir STKIP PGRI Tulungagung Berbasis Radio Frequency Identification (RFID). Jurnal of Education and Information Communication Technology, - Vol. 3 No. 1, 2019.
[3] Mohammad Hafiz Hersyah1, Zaini dan Haditya Fajri “Sistem Monitoring Kunci Pintu Ruangan Menggunakan Modul Wifi” p- ISSN : 2407 – 1846, e-ISSN : 2460 – 8416, 2017.
[4] Regiolina Hayami, Januar Al Amien dan Denin Nur Ichsan “Implementasi Metode Fuzzy Sugeno pada Sistem Keamanan Ruangan Menggunakan Sensor Ultrasonik Berbasis Mikrokontroller”, J Intek Vol. 4, 2021.
[5] Roy Harry Syidiq Pamungkas, Sampurna Dadi Riskiono dan Yudha Arya P “Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tanaman Sayur Berbasis Arduino Dengan Sensor Kelembaban Tanah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kendali dan Listrik” Vol. 1, No. 1, 2019
[6] Sri Kusumadewi dan Hari Purnomo, “Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Mendukung Keputusan” Cetakan Kedua, Graha Ilmu, 2018.
[7] Wahyu Kurniasih, Abdul Rakhman dan Irma Salamah “Sistem Keamanan Pintu dan Jendela Rumah Berbasis IoT” J. Riset Sistem Informasi Dan Teknik Informatika, Vol. 5, No.2, 2020.
[8] Zulkarnain Lubis, Dkk “Kontrol Air Mesin Otomatis Berbasis Arduino Dengan Smartphone” E-ISSN : 2598-3814, ISSN : 1410-4520, Vol. 14, No.3, 2019
Published
2024-01-31