PENERAPAN METODE NAÏVE BAYES UNTUK KLASIFIKASI SENTIMEN PADA REVIEW PRODUK E-COMMERCE

  • Muhamad Amirrullah
  • Yana Cahyana
  • Kiki Ahmad Baihaqi
Keywords: Klasifikasi, Naïve Bayes, Review Produk.

Abstract

Pemanfaatan teknologi infomasi dan komunikasi dibidang perdagangan salah satunya yaitu berupa penjualan dan pembelian secara online. Dalam kegiatan berbelanja secara online biasanya konsumen mencari terlebih dahulu mengenai produk yang akan dibelinya melalui review dari konsumen sebelumnya, dikarenakan review dari konsumen sebelumnya dapat menyediakan informasi terbaru dari produk tersebut berdasarkan perspektif konsumen lain yang sudah membeli produk tersebut terlebih dahulu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengklasifikan review produk tersebut menggunakan algoritma naïve bayes. Klasifikasi naïve bayes merupakan algoritma untuk klasifikasi berdasarkan teorema naïve bayes dan digunakan untuk menghitung sebuah probabilitas dari suatu kelas. Dalam penelitian ini terdapat beberapa tahapan penelitian yaitu preprocessing, implementasi, dan pengujian. Pada pengujian data dibagi menjadi 2 bagian, 80% sebagai data latih serta 20% sebagai data uji. Pada pengujian menggunakan confusion matrix, penelitian ini mendapatkan akurasi sebesar 86%, sedangkan untuk precission mendapatkan nilai rata-rata 88%, serta nilai recall yang mendapatkan nilai rata-rata 86%.

References

[1] P. Pengguna and I. Indonesia, “Laporan survei internet apjii 2019 – 2020,” vol. 2020, 2020.
[2] K. T. Kamila, Suharyono, and I. P. Nuralam, “Pengaruh Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya TA 2015/2016-2018/2019 yang Pernah Membeli dan MenggunakanXiaomi Smartphone),” J. Adm. Bisnis, vol. 72, no. 1, pp. 202–211, 2019.
[3] A. Sari, F. V., & Wibowo, “Analisis Sentimen Pelanggan Toko Online Jd. Id Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier Berbasis Konversi Ikon Emosi,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 681–686, 2019.
[4] K. Kasmi and A. N. Candra, “Penerapan E-Commerce Berbasis Business To Consumers Untuk Meningkatan Penjualan Produk Makanan Ringan Khas Pringsewu,” J. Aktual, vol. 15, no. 2, p. 109, 2017, doi: 10.47232/aktual.v15i2.27.
[5] E. Yulian, “Text Mining dengan K-Means Clustering pada Tema LGBT dalam Arsip Tweet Masyarakat Kota Bandung,” J. Mat. “MANTIK,” vol. 4, no. 1, pp. 53–58, 2018, doi: 10.15642/mantik.2018.4.1.53-58.
[6] A. N. Putri, “Penerapan Naive Bayesian Untuk Perankingan Kegiatan Di Fakultas Tik Universitas Semarang,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 603, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1545
Published
2024-01-31