Sistem Pakar Pendeteksi Dini Penyakit Jantung Menggunakan Algoritma Certainty Factor Berbasis Android

  • Khoirull Munazzal
  • Jamaludin Indra
  • Santi Arum Puspita Lestari
Keywords: aplikasi android, algoritma certainty factor, mysql, penyakit jantung, sistem pakar.

Abstract

Kurangnya pengetahuan tentang penyakit jantung menjadi penyebab meningkatya penderita penyakit jantung. Seringkali masyarakat tidak menyadari adanya gejala penyakit jantung di dalam tubuhnya. Di samping itu perkembangan teknologi yang pesat terutama di bidang smartphone berbasis android yang kini hampir dimiliki oleh seluruh kalangan masyarakat. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membuat aplikasi Sistem Pakar untuk Mendeteksi Dini Penyakit Jantung. Algoritma certainty factor digunakan untuk menentukan persentase nilai kepercayaan penyakit berdasarkan gejala fisik yang dirasakan. Proses perhitungan nilai CF dipengaruhi oleh bobot pakar dan bobot pengguna. Sistem diaplikasikan pada smartphone dengan sistem operasi android. Hasilnya sistem dapat mendeteksi tiga jenis penyakit jantung meliputi jantung koroner, aritmia dan gagal jantung serta menampilkan informasi dari masing-masing penyakit. Basisdata MySQL digunakan untuk menyimpan data sistem pakar. Hasil pengujian menggunakan whitebox dan blackbox dapat menilai kinerja fungsi sistem dengan nilai 100% dari 17 skenario pengujian. Hasil pengujian pakar dapat mengetahui akurasi antara sistem dengan diagnosa manual pakar memperoleh nilai 100% dengan 14 kali pengujian.

References

[1] Purnama, A. 2020. Edukasi Dapat Meningkatkan Kualitas Hidup Pasien Yang Terdiagnosa penyakit Jantung Koroner. Jurnal Kesehatan Indonesia 10(2):
[2] Marpaung, J. 2018. Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Jurnal KOPASTA 5(2): 55-64.
[3] Hayadi, B. H. 2018. Sistem Pakar. Deepublish. Yogyakarta.
[4] Widhiarga, I. W. 2018. Rancang Bangun Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Penyakit Jantung Berbasis Web Dengan Metode Dempster Shafer. Skripsi. Fakultas Teknik Dan Informatika Univesitas Multimedia Nusantara. Tangerang.
[5] Maskur, R. H. 2021. Sistem Pakar Penyakit Jantung Dengan Algoritma Naive Bayes. Skripsi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
[6] Kurniadi M. I., A. F dan Kususmaningrum, D. S. 2022. Diagnosa Gaya Belajar Anak Dengan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Informasi, Teknologi dan sains Universitas Buana Perjuangan Karawang 3(2): 1-10.
[6] Naufal R. A., Wahidin D., Kususmaningrum D. S dan Indra J. 2020. Algoritma Certainty Factor Untuk Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Cabai Rawit. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, Universitas Buana Perjuangan Karawang.
[8] Irawan, J. 2017. Sistem Pakar. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer. Surabaya.
[9] Suryono. 2016. Anatomi, Fisiologidan Patofisiologi Bising Jantung. Seminar Nasional Surabaya Cardiology. Fakultas Kedokteran Universitas Jember: 1-11.
[10] Gunawan, Damanik S. M., Larasati F. B., Zuhri A. F., dan Solikhun. 2021. Dasar - Dasar Pemrograman Android. Yayasan Kita Menulis. Medan.
[11] Patera, A. 2017. Sistem Pakar Diagnosa Awal Penyakit Jantung Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Android. Jurnal Fakultas Ilmu Komputer Universitas Dian Nuswantoro Semarang 4(2): 1-8.
Published
2024-01-31