Penerapan Metode Weighted Product Dalam Pendukung Keputusan Penerimaan Beasiswa SMK PGRI 2 Karawang

  • Isnaeni Hidayah
  • Sutan Faisal
  • Santi Arum Puspita Lestari
Keywords: sistem pendukung keputusan, weighted product, penerimaan beasiswa, SMK PGRI 2 Karawang.

Abstract

Permasalahan yang muncul pada penerimaan beasiswa adalah waktu yang dibutuhkan untuk mengecek formulir beasiswa terlalu lama dan sering terjadinya penerima beasiswa tidak sesuai dan tidak tepat sasaran yang akan merugikan pihak sekolah maupun siswa. Maka dari itu dibutuhkannya sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dan metode Weighted Product (WP) adalah salah satu metode penyelesaian untuk masalah tersebut Multi Attribute Decision Making (MADM). Metode Weighted Product digunakan pada penelitian ini karena dapat melakukan proses pembobotan dan dapat diatur dan disesuaikan dengan kebutuhan pengambil keputusannya sehingga lebih fleksibel dan hasil perhitungan yang dihasilkannya sesuai dengan kebutuhan pengambil keputusan. Kriteria yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, Nilai rata-rata, Kehadiran Siswa, Penghasilan Orangtua dan Tanggungan Orangtua. Hasil penelitian menggunakan Data siswa pada SMK PGRI 2 Karawang. Penelitian ini menggunakan Sublime Text untuk membuat sistem. Hasil akhir dari metode WP ini merupakan Ranking, maka semakin besar nilai akhirnya yang akan terpilih mendapatkan beasiswa. Hasil akhir yang mendapatkan beasiswa adalah alternatif terbaik yaitu nilai terbesar dari 38 data siswa.

References

[1] Wendra, Y., Fadhli, I., Yunanda, A. P., Rahmawati, H., & Nugraha, B. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Beasiswa Pada SMKN 9 Padang Menggunakan Metode Weighted Product (WP). Jurnal Ilmiah METADATA, 2(3), 232-255.
[2] Liesnaningsih, L., Taufiq, R., Destriana, R., & Suyitno, A. P. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Berbasis WEB Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) pada Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(1), 54-60.
[3] Saputri, A. D., Ramadhani, R. D., & Adhitama, R. (2019). Logika Fuzzy Sugeno untuk Pengambilan Keputusan dalam Penjadwalan dan Pengingat Service Sepeda Motor. INISTA: Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications, 2(1), 49-55.
[4] Oktavia, P. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beasiswa dengan Metode Weighted Product pada SMP Negeri 1 Parung Berbasis Web. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 3(2), 80-86.
[5] Misiani, M., & Musliyana, Z. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Siswa Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode Weighted Product. JOURNAL OF INFORMATICS AND COMPUTER SCIENCE, 4(2), 158-172.
[6] Agus., 2018. Penerapan Metode Weighted Product (WP) Untuk Pemilihan Pegawai Baru Di PT. Global Sekawan Indonesia. Batam.
Published
2024-01-31