Implementasi Single Minute Exchange Of Dies (Smed) Untuk Perbaikan Proses Brand Changeover Mesin Focke Dan Protos

  • annisa indah
  • Ade Rahayu Universitas Buana Perjuangan Karawang

Abstract

Waktu pergantian brand merupakan salah satu waste yang perlu kurangi atau diminimalkan. Di bagian Secondary White Machine PT. ITC , proses setup pada saat perpindahan brand (Brand Changeover) yang sering terjadi pada mesin berdampak pada nilai perfoma  yang kecil dan berpotensi terjadi keterlambatan jadwal distribusi sehingga pada kondisi tersebut terjadi stock out pada pasar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen sesuia dengan jadwal yang telah di tetapkan. Sehingga hal tersebut perlu diperhatikan dan di lakukan observasi terhadap kegiatan perpindahan brand pada mesin maker dan packer agar kegiatan tersebut lebih efisien. Dari hasil analisa yang dilakukan bersama dengan management, diketahui bahwa proses pergantian brand yang terjadi di area SPM memakan durasi waktu yang cukup lama di karenakan belum menerapkan metode yang tepat dalam proses tersebut. Dengan proses pemisahan kegiatan eksternal dan internal dengan metode SMED, dan memparalelkan kegiatan internal dalam suatu proses di harapkan mampu meningkatkan perfoma produksi. Waktu rata-rata yang dibutuhkan mesin protos untuk melakukan brand change adalah 85.078 menit dan mesin Focke adalah 179.105 menit. Dengan methode SMED dan melakukan pemisahan kegiatan eksternal dan internal dapat mengurangi 27.834% waktu Brand Change untuk mesin Protos dan 42.243% waktu Brand Change untuk mesin Focke. Dari implementasi metode tersebut selama 7 minggu dapat diketahui bahwa penurunan waktu Brand change dapat meningkatkan peforma uptime Link Up mesin sebesar 6.48%

Published
2020-06-24